Membangun Konsep Ideal Hubungan Kerja Antara Pekerja Rumah Tangga Dan Majikan Berbasis Hak-Hak Buruh Dalam Islam

Sofiani, Triana and Rahmawati, Rita and Rismawati, Shinta Dewi (2012) Membangun Konsep Ideal Hubungan Kerja Antara Pekerja Rumah Tangga Dan Majikan Berbasis Hak-Hak Buruh Dalam Islam. In: Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS XII). UIN Sunan Ampel dan Kemenag, Surabaya, pp. 2381-2399.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/7575/

Abstract

Perdebatan dalam ranah kategorisasi mengenai Pekerja Rumah Tangga merupakan pekerja atau bukan, secara sosial dan politis berimplikasi pada hubungan kerja dan perlindungan hukum bagi Pekerja Rumah Tangga itu sendiri. Padahal Pekerja Rumah Tangga yang berjumlah 10.744.887 orang, rentan terhadap eksplotasi, kekerasan fisik, psikis dan seksual, yang dilakukan oleh majikan maupun agen penyalur. Oleh karena itu, memposisikan PRT secara jelas dan tegas sebagai pekerja dalam hubungan kerja antara Pekerja Rumah Tangga dan majikan akan membawa implikasi yang jelas pula tentang perlindungan hukum mereka sebagai pekerja. Islam sebagai agama mayoritas yang ada di negeri ini, seharusnya memberikan perhatian pada Pekerja Rumah Tangga, karena Islam adalah agama yang membawa misi keadilan kepada seluruh manusia dan sangat memperhatikan hak-hak pekerja, dimana prinsip –prinsip keadilan Islam bersifat Universal dan teruji. Apabila hubungan kerja dibangun berdasarkan prinsip-prinsip keadilan Islam, maka hak-hak PRT tidak akan terabaikan dan ekploitasi, kekerasan fisik, psikis dan seksual juga tidak akan terjadi.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Tenaga kerja, Buruh, HAM
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.011 Labor Rights, Employee Rights/Hak-hak Buruh
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 22 Jul 2020 03:53
Last Modified: 22 Jul 2020 03:53
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item