Manajamen Efisiensi Anggaran Riset dalam Meningkatkan Produktivitas Publikasi Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi

Mustakim, Zaenal Manajamen Efisiensi Anggaran Riset dalam Meningkatkan Produktivitas Publikasi Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. -. (Unpublished)

[img] Text
Manajemen Efisiensi Anggaran Riset dalam Publikasi Artikel Ilmiah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.pdf

Download (285kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengukur efisiensi dan mengembangkan manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam mengatur anggaran riset berdasarkan karya ilmiah dosen yang terpublikasi di jurnal bereputasi pada tahun 2018. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dengan model sequential explanatory, yakni model penelitian kombinasi yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Metode kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis Data Envelopment Analysis (DEA) untuk menghasilkan skor efisiensi manajemen anggaran riset masing-masing PTKIN dengan menggunakan 13 PTKIN sebagai decision making units (DMUs), 4 variabel input, 2 variabel output serta hasil analisis kuantitatif dilakukan menggunakan program R. Sementara metode kualitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif eksploratori terkait pengembangan strategi manajemen anggaran riset dalam menghasilkan publikasi ilmiah dosen di jurnal bereputasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 53.8% PTKIN yang memiliki kinerja efisien dalam mengelola anggaran riset berdasarkan variabel input dan output yang digunakan dalam penelitian ini. Rata-rata skor efisiensi dari seluruh DMUs adalah 75.9% dengan skor efisiensi paling rendah adalah 31.3%. Beberapa strategi manajemen anggaran riset yang dapat dikembangkan dalam memperbanyak publikasi ilmiah dosen di jurnal bereputasi adalah memaksimalkan jejaring penulis lintas perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri, membudayakan penulisan kolaboratif dalam setiap publikasi ilmiah, melakukan pendampingan academic writing sebagai salah satu rangkaian program penelitian secara berkelanjutan; dan memberikan reward kepada para dosen yang menulis di jurnal bereputasi.

Item Type: Article
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah
Depositing User: Dr. H Zaenal Mustakim
Date Deposited: 29 Nov 2021 07:23
Last Modified: 29 Nov 2021 07:23
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item View Item