Pidato Ilmiah Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Studi Islam: Jihad Melawan Perubahan Iklim Agama, Negara, & Nahdlatul Ulama di Indonesia

Ahmad, Maghfur (2022) Pidato Ilmiah Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Studi Islam: Jihad Melawan Perubahan Iklim Agama, Negara, & Nahdlatul Ulama di Indonesia. Documentation. Scientist Publishing.

[img] Text
Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof Dr. Maghfur, MAg.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perubahan iklim mengancam kehidupan manusia. Bumi sebagai tempat berpijak dan sumber kehidupan mengalami krisis dan bencana yang bertubi-tubi. Kajian ini bermaksud menganalisis doktrin agama, kebijakan negara, serta konstribusi Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjaga bumi dan merawat lingkungan dalam konteks perubahan iklim. Kajian ini menjadi penting di saat peran agama dipinggirkan sebagai bagian dari solusi atas krisis lingkungan. Lebih ironis lagi, agama Islam justeru dituduh sebagai penyebab terjadinya krisis ekologi, bencana alam, pemanasan global dan perubahan iklim. Tuduhan ini dipicu atas tafsir terhadap doktrin Islam yang menempatkan manusia sebagai khalifah, yang memiliki otoritas mengelola sumber daya alam untuk mewujudkan kesejahteraan manusia. Melalui riset kualitatif, yang data-datanya diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, kajian ini mengungkap hasil sebaliknya bahwa berdasarkan argumen teologis, sosiologis dan kerja-kerja mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dilakukan NU, Islam adalah agama peduli lingkungan. Hasil kajian ini menemukan bahwa terjadi pergeseran pemahaman di kalangan NU dalam menyikapi perubahan iklim, dari takdir Allah (teosentris),menjadi sunnatullah (sebab akibat), dan menuju teoantroposentris. Interpratasi ini didukung oleh kenyataan bahwa doktrin agama, pemikiran dan tindakan religious leader, kebijakan negara dan program-program ekologi yang dipraktikkan oleh NU merupakan modal sosial penting dan kunci dalam perang melawan perubahan iklim di Indonesia. Namun demikian, tantangan berat bagi NU adalah menjadikan isu ekologi sebagai ilmu, doktrin dan ritual ekologi (menjaga, melindungi, dan melestarikan bumi dan alam) sebagai identitas dan ritual harian yang membudaya seperti halnya tradisi tahlilan dan yasinan di kalangan Nahdliyin.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: Jihad, lingkungan, perubahan iklim
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.072 Studi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Pascasarjana > Magister Hukum Keluarga
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 12 Mar 2022 02:30
Last Modified: 12 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item