EKONOMI KREATIF: Konsep, Peluang, dan Strategi Pengembangan

Adinugraha, Hendri Hermawan (2022) EKONOMI KREATIF: Konsep, Peluang, dan Strategi Pengembangan. Scientist Publishing, Pekalongan.

[img] Other (Buku Ajar/Daras)
Buku Daras_Ekonomi Kreatif_ Konsep, Peluang, dan Strategi Pengembangan.PDF

Download (16MB)

Abstract

Di Indonesia, perkembangan industri kreatif diyakini menjadi modalpenting dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).Kontribusi sektor industri kreatif sangat kuat dirasakan melaluipenciptaan iklim usaha yang positif, inovatif, dan berkerarifan local.Kontribusi tersebut secara signifikan memperkuat citra perekonomianIndonesia sehingga berdampak positif dalam peningkatan ProdukDomestik Bruto (PDB).Pengembangan industri kreatif sangat urgen dilakukan negaraberkembang seperti Indonesia. Pemerintah Indonesia sangatmendukung program ini. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatifmenegaskan bahwa ekonomi kreatif memiliki beragam kontribusiekonomi yang signifikan, menciptakan iklan bisnis yang positif,membangun citra dan identitas bangsa, berbasis pada sumber dayaterbarukan, menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakankeunggulan kompetitif suatu bangsa, dan memberikan dampak sosialyang positif. Pemahaman tentang bagaimana strategi yang tepat perludidesain untuk mengembangkan ekonomi kreatif menjadi lebih optimal,prospektif dan berkelanjutan. Strategi pengembangan ekonomi kreatifyang tepat sangat berguna agar ekonomi kreatif bangsa Indonesia bisabersaing di pasar global. Pembahasan materi yang disampaikan secara sederhana namun kritisdan terstruktur, membuat buku ini mudah dipahami para pembacayang ingin mengembangkan wawasan tentang pertumbuhan ekonomikreatif di Indonesia. Pemaparan materi dimulai dengan memahamikonsep kreativitas dan inovasi, keterkaitan ekonomi kreatif danindustri, hingga strategi pengembangan setiap sektor ekonomi kreatifseperti kerajinan, fashion dan wisata halal. Pembaharuan strategi yangdigunakan untuk mengembangkan ekonomi kreatif perlu dilakukandengan menerapkan pengetahuan dan pendekatan yang terbaru,terintegrasi dan terkoneksi dengan fakta serta budaya bangsa Indonesia.Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat. Saran serta kritik yang bersifatmembangun dari para pembaca sangat kami harapkan untukpenyusunan buku-buku berikutnya.

Item Type: Book
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Econmics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Hendri Hermawan Adinugraha
Date Deposited: 01 Aug 2022 10:03
Last Modified: 01 Aug 2022 10:03
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item