Thematic Interpretation Law and Justice of the Ministry of Religion Republic Indonesia (Analysis of Maqasid al-Shari’ah and ad-Dakhil wal-Ashil)

Sam'ani, Sam'ani and Rohman, Taufiqur (2020) Thematic Interpretation Law and Justice of the Ministry of Religion Republic Indonesia (Analysis of Maqasid al-Shari’ah and ad-Dakhil wal-Ashil). Hikmatuna, 6 (2). pp. 39-50. ISSN 2503-3042

[img] Text
3177

Download (30kB)
Official URL: https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/h...

Abstract

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk mengetahui gambaran yang komprehensif tentang tafsir tematik Kementerian Agama Republik Indonesia tentang hukum, keadilan dan hak asasi manusia dari perspektif analisis maqasid syari’ah dan ad-dakhil wal-ashil yang belum banyak yang dilakukan. Padahal di tengah realitas kehidupan majemuk seperti di Indonesia, hal ini mendesak untuk dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan belum populernya penggunaan hukum, keadilan, dan hak asasi manusia dari perspektif tafsir tematik dengan mempertimbangkan maqasid syari’ah dan ad-dakhil wal-ashil. Penelitian ini menggunakan model penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif-verifikatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tafsir tematik hukum dan keadilan pada Tafsir Tematik Kementerian Agama Republik Indonesia telah memperhitungkan sumber tafsir otentik (al-ashil), pengetahuan komprehensif terkait dengan prinsip-prinsip ilmu tafsir dan syarat yang harus dipenuhi oleh tim penafsir, dan tidak ada tafsir yang menyimpang karena semua penafsir memiliki keahlian yang memadai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tafsir Tematik, Hukum, Hak Asasi Manusia, Maqasid Syari’ah, ad-Dakhil wal-Ashil
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Dr. H. Sam'ani Sam'ani
Date Deposited: 01 Aug 2022 10:03
Last Modified: 01 Aug 2022 10:03
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item