Peningkatan Kemampuan Guru Madrasah Tsanawiyah Dalam Penilaian Higher Order Thinking Skills (Hots) Melalui Pendampingan Berbasis Zonasi Di Kecamatan Songgom Brebes Pada Semester Itahun Pelajaran 2019/2020

Hanif, Ma’mun (2020) Peningkatan Kemampuan Guru Madrasah Tsanawiyah Dalam Penilaian Higher Order Thinking Skills (Hots) Melalui Pendampingan Berbasis Zonasi Di Kecamatan Songgom Brebes Pada Semester Itahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Figur, 5 (3). pp. 1-14. ISSN 977-2579946003

[img] Text
FIGUR Nopember 2020 Mamun Hanif, M.Pd.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan guru MTs dalam menyusun penilaian HOTS, maka perlu ditingkatkan dengan pendampingan PKP berbasis zonasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pendampingan PKP berbasis zonasi untuk meningkatkan kemampuan guru MTs dalam penilaian HOTS di Dabin Songgom pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020; (2) menganalisis besarnya dampak peningkatan kemampuan guru MTS dalam penilaian HOTS setelah dilaksanakan pendampingan PKP berbasis zonasi di Dabin Songgom pada semester I tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini terdiri dari: setting penelitian di MTs Dabin kec.Songgom Brebes. Subyek penelitian guru MTs Dabin kec. Songgom berjumlah 20 orang terdiri dari 13 perempuan dan 7 laki-laki. Prosedur PTS menggunakan siklus berkelanjutan mulai dari Kodisi Awal (Pra Siklus), Siklus I, dan Siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk mengolah data hasil observasi penilaian sikap, dan kemampuan guru dalam menyusun penilaian HOTS, sedangkan analisis kuantitatif untuk menghitung hasil penilaian guru dalam penyusunan penilaian HOTS. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil sebagai berikut: (1) pendampingan PKP berbasis zonasi dapat meningkatkan kemampuan guru MTs dalam penilaian HOTS di Dabin Kecamatan Songgom pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 untuk sikap guru mengalami peningkatan 34,66% dari siklus I 54,67% dalam kategori cukup, naik menjadi 89,33% pada siklus II, kemampuan guru dalam menyusun penilaian HOTS mengalami kenaikan 20% dari Siklus I 62% naik menjadi 82%, pengetahuan guru naik 19,80 dari 64,35 pada kondisi awal naik menjadi 71,60 di siklus I, dan naik menjadi 84,15 pada siklus II; (2) Dampak peningkatan kemampuan guru MTs dalam penilaian HOTS setelah dilaksanakan pendampingan PKP berbasis zonasi di Dabin Kecamatan Songgom pada semester I tahun ajaran 2019/2020 sebesar 34,66% untuk sikap guru, 20% kemampuan menyusun penilaian HOTS, dan 19,80 pengetahuan guru dalam penilaian HOTS. Artinya pendampingan PKP berbasis zonasi mampu memberikan sumbangan peningkatan sikap guru sebesar 34,66%, kemampuan dalam menyusun penilaian HOTS, dan 19,80% untuk peningkatan pengetahuan guru dari dimensi lainnya. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, pengawas, dan guru MTs hendaknya bersinergi dan berpartisipasi aktif dalam pendampingan PKP berbasis zonasi untuk meningkatkan kemapuan guru dalam penilaian HOTS

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Guru, HOTS
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher/Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:06
Last Modified: 08 Sep 2022 08:06
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item