Model Peningkatan Kompetensi Guru MTsN Model Berbasis in House Training di Jawa Tengah

Hanif, Ma’mun (2014) Model Peningkatan Kompetensi Guru MTsN Model Berbasis in House Training di Jawa Tengah. In: Prosiding Seminar Internasional Manajemen Pendidikan. Fakultas Pascasarjana UNNES Program Doktor Manajemen Pendidikan, Semarang, pp. 301-315. ISBN 978-602-14215-2-9

[img] Text
MODEL PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MTsN MODEL.pdf

Download (13MB)

Abstract

Banyak pendapat rnasyarakat yang menyatakan bahwa MTsN Model tidak ber-beda dengan sekolah MTsN I{eguler. Hal ini disebabkan kompetensi guru MTsN Model belum sesuai kebutuhan.Berdasarkan hal tersebut permasalahan penelitian ini diaratrkan pada bagaimanakah rnodel peningkatan kompetensi yang efektif untuk memberdayakan guru Ml'sN Model dalam meningkatkan kualitas proses pernbelajaran di Madrasah ? 'Iujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk rnenghasilkan suatu model yang efektif yang mampu memberdayakan guru MTsN Model dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian riset dan pengembangan , Lokus penelitian dalarn penelitian sebanyak 3 Maclrasah Model di Jawa'fengah, yakni MTsN Model Brebes, MTsN Model Tegal, MTsN Model Pemalang. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan triangulasi. Tahapan penyusunan model peningkatan kompetensi guru MTsN Model di Jarva Tengah dilaksanakan melalui kelompok diskusi terbatas, uji coba model dan validasi rnodel secara intemal maupun ekstemal. Hasil temuan lapangan : (1) kekurangan kemarnpuan guru terletak pada penguasaan Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan TIK; (2) guru memiliki potensi untuk ditingkatkan kompetensinya; (3) peningkatan kemampuan kompetensi Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan TIK lebih cocok dibina melalui In House Training (IHT); (4) model yang efektif untuk mengembangkan dan meningkatkan guru-guru MTsN Model berupa IHT. Dengan Demikian , model yang efektif untuk meningkatkan kompetensi guru MTsN Model dapat ditempuh melalui 1n house Training (IHT yang diarahkan pada empat kemampuan guru secara bersamaan yakni penguasaan bahan ajar ; Bahasa Inggris,Bahasa Arab dan TIK.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru MTsN Model, In House Training terpadu, model pembelajaran efektif dan efisien, MTsN ideal.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.12 Professional Qualifications of Teacher/Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 08 Sep 2022 06:13
Last Modified: 08 Sep 2022 08:05
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item